Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Selasa, 06 Maret 2012

Selayar Matangkan Persiapan Jelang Penilaian Kota Adipura


Menyambut pelaksanaan penilaian kota Adipura yang dijadwalkan akan berlangsung pada akhir bulan maret tahun 2012 mendatang, Pemerintah Kecamatan Benteng yang dinakhodai Drs. Syafruddin, MH bersama segenap jajarannya kembali disibukkan dengan agenda evaluasi pembenahan dan penataan kebersihan kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar.
            Hal tersebut terungkap dari pertemuan lintas koordinasi antara pemerintah kecamatan Benteng dengan instansi tekhnis Dinas Kebersihan & Pertamanan Kabupaten Kepulauan Selayar hari Selasa, (6/3) siang.
            Pertemuan yang dihadiri Lurah Benteng Selatan, Patta Bau, S.Sos, Sekretaris Lurah Benteng Utara, Syamsul Amir, Stp dan Lurah Benteng, Andi Asling, S.Sos ini terungkap penyebutan sejumlah nama lokasi yang akan menjadi sasaran penataan dalam rangka menyambut dan menyukseskan penilaian kota adipura tahun 2012.
Disamping pertemuan ini juga, sengaja digelar untuk menentukan batas wilayah pemerintahan masing-masing kelurahan, serta penentuan titik rawan yang dinilai penting untuk mendapatkan perhatian pembenahan. 
            Dalam petemuan lintas koordinasi ini, terungkap adanya rencana pelibatan masyarakat dalam kegiatan kerja bakti massal yang dijadwalkan akan berlangsung sampai dengan akhir bulan maret tersebut, termasuk rencana pembenahan pintu gapura dan batas masing-masing wilayah kelurahan yang sementara masih dalam tahap pengusulan ke meja bupati.
            Pernyataan ini disampaikan Lurah Benteng, Andi Asling, S. Sos yang sekaligus merupakan promotor utama dalam kegiatan pengusulan rencana pembangunan pintu gapura dan batas wilayah kelurahan di dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Benteng ini.
            Sejauh ini, Pemerintah Kelurahan Benteng  telah menggalakkan kegiatan sosialisasi penilaian adipura  melalui masjid-masjid yang berada di dalam wilayah kepemimpinannya yang salah satu sasaran akhirnya adalah untuk menciptakan hadirnya kehidupan masyarakat yang sadar, akan arti pentingnya, kebersihan, kelestarian, dan keindahan lokasi pemukiman.
Terkait hal ini, Kepala Dinas Kebersihan & Pertamanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Odding Karim, MH mengakui, sejauh ini pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan dalam rangka menghadapi kegiatan penilaian adipura di daerah kerjanya.
Sedikitnya lima unit armada mobil pengangkut sampah telah disiapkan Dinas Kebersihan & Pertamanan untuk memback up maksimalisasi pengangkutan sampah di dalam areal kota Benteng dan sekitarnya.
Selain, pihaknya juga telah menyediakan sepuluh unit armada motor sampah yang salah satu diantaranya merupakan bantuan Bank Sulsel Cabang Kepulauan Selayar.
Persiapan lain, turut dilakukan bidang pengelolaan & pembuangan akhir sampah Dinas Kebersihan & Pertamanan melalui ketersediaan fasilitas eskavator, mobil tinja, dan satu unit armada mobil wc berjalan.
Kesiapan Dinas Kebersihan & Pertamanan Kabupaten Kepulauan Selayar ini turut diaminkan Kepala Bidang pengelolaan & pembuangan akhir,  Drs.Bahtiar Dg. Pattale kepada wartawan di sela-sela pertemuan lintas koordinasi yang terpusat di ruang kerja Kepala Dinas Kebersihan & Pertamanan.(fadly syarif)   

Bercermin Pada Konsistensi Drs. H. Tasman Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa SMANSA Benteng

Peningkatan sumber  daya manusia (SDM,red) melalui dukungan ketersediaan infrastruktur dasar ruang kelas belajar bersifat refresentatif menjadi sebuah hal  yang tak lagi dapat terelakkan di tengah meningkatnya alokasi anggaran pembangunan dunia kependidikan yang terus menerus digelontorkan pemerintah Indonesia pada setiap tahun anggarannya.
Terkhusus, dalam rangka menyukseskan keberlangsungan program wajib belajar sembilan tahun dan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana yang di gariskan oleh UUD 1945.
Hal inilah yang selanjutnya, mengilhami dan menjadi dorongan kuat bagi  jajaran dewan guru di lingkungan SMA Negeri 1 Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar untuk segera melakukan proses perampungan terhadap pembangunan empat unit ruang kelas belajar baru (RKB, red) seluas 8 x 36 meter.
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Benteng, Drs. H. Tasman kepada wartawan mengungkapkan, “biaya pembangunan empat unit ruang kelas belajar baru di lingkungan sekolah yang dipimpinnya saat ini berasal dari lokasi anggaran dana bantuan sosial (BANSOS, red) senilai kurang lebih empat ratus delapan puluh juta rupiah.
Dia mengisyaratkan, perampungan pembangunan empat unit ruang kelas belajar tambahan di lingkungan SMA Negeri 1 Benteng ini dengan sendirinya telah menggenapkan total jumlah ruang kelas belajar di sekolah yang dimpinnya menjadi dua puluh unit.
            Ke empat ruang kelas belajar baru ini diharapkan mampu untuk menampung seratus enam puluh orang pendaftar siswa baru, untuk selanjutnya masing-masing ruangan akan diisi dengan empat puluh orang siswa.
            Bila pun pendaftar calon siswa baru mengalami pengurangan dari yang ditargetkan, maka ke empat ruang kelas belajar baru ini diharapkan, paling tidak akan mampu menampung seratus dua puluh orang siswa baru dengan estimasi pembagian terendah, masing-masing ruang kelas akan diisi melalui penempatan tiga puluh dua orang siswa.
            Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pendaftar calon siswa baru di lingkungan SMANSA Benteng, pihaknya berharap, agar pada tahun 2013 mendatang, pemerintah pusat dapat  kembali menggolontorkan alokasi biaya pembangunan ruang kelas belajar baru untuk sekolah menengah atas, di wilayah Provinsi Sulawesi-Selatan pada umumnya, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada khususnya.
            Hal itu didasarkannya pada pertimbangan, kebutuhan penambahan empat bangunan ruang kelas belajar baru untuk  bisa menampung siswa kelas satu setiap tahunnya. Terlebih lagi, ruang kelas belajar yang tersedia saat ini hanya mampu menyerap dua puluh kelompok rombongan belajar. Sementara, kelompok belajar yang ada total keseluruhannya mencapai dua puluh empat rombongan belajar.
            Upaya penambahan bangunan empat unit ruang kelas belajar baru pada tahun 2013 mendatang, diharapkan akan mampu menciptakan kualitas proses belajar mengajar yang lebih efisien dan tepat sasaran, tanpa harus menimbulkan gangguan yang berarti bagi keberlansungan proses PBM pada ruang kelas belajar lain, tandas putra kelahiran Kabupaten Bulukumba ini.(fadly syarif)
  

Satpol PP Kepulauan Selayar Siap Maksimalkan Penegakan Peraturan Daerah


Mengawali tahun 2012, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kepulauan Selayar, kembali menciptakan serangkaian langkah terobosan untuk menunjang maksimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, dalam mengawal langkah penegakan peraturan daerah.
Salah satu langkah terobosan tersebut, dituangkan dalam bentuk kegiatan penerimaan dan recruitmen terhadap 70 orang tenaga polisi pamong praja baru.
Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Ar. Krg. Gassing kepada wartawan mengungkapkan, “keberadaan tenaga polisi pamong praja baru  di lingkungan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Selayar ini, diharapkan mampu memberi kontribusi bernilai plus, terutama dalam pelaksanaan fungsi dan tugas pokok aparat satuan polisi pamong praja di lapangan”.
Kedepannya, aparat satuan polisi pamong praja Kabupaten Kepulauan Selayar diharapkan dapat lebih maksimal di dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasannya terhadap segala bentuk tindak pelanggaran ketentuan peraturan daerah. 
Salah satu contohnya, yakni peningkatan pengawasan terhadap kegiatan pengolahan kayu tak berizin yang akhir-akhir ini kembali marak terjadi. Disamping, masih  santernya issu seputar kegiatan illegal fishing baik, pengeboman, pembiusan ikan, maupun kegiatan pengangkatan dan pengolahan karang laut, sejenis bambu laut, dan karang merah yang diduga masih kerap terulang di beberapa titik perairan di dalam wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, tandas Krg. Gassing.
Terkait upaya peningkatan kinerja aparat satuan polisi pamong praja di daerah ini, Ar. Krg. Gassing tidak henti-hentinya meminta bantuan partipasi dan peran serta masyarakat luas untuk sedini mungkin menyampaikan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pelanggaran peraturan daerah dengan sesegera mungkin melayangkan pengaduan secara langsung dan terbuka ke sentra pengaduan masyarakat yang terpusat di kantor satuan polisi pamong praja di ruas jalan Jenderal Ahmad Yani, Benteng Selayar. (fadly syarif)  
 
   

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel