Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Sabtu, 28 Januari 2012

Cuaca Extrem Tidak Pengaruhi Desa Harapan


Hingga dengan akhir bulan Januari 2012, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dilaporkan aman dari dampak bencana alam, baik angin kencang, maupun bias gelombang pasang.
Demikian pernyataan resmi Kepala Desa Harapan, Nur Hasli kepada wartawan belum lama ini. Menurutnya, Desa Harapan relatif aman terkendali dari dampak musibah yang ditimbulkan oleh cuaca extrem.
Dari sekian banyak wilayah desa di Kabupaten Kepulauan Selayar, Desa Harapan, termasuk kategori desa yang relatif kondusif dari tindak pelanggaran peraturan daerah, semisal pengolahan kayu tak berizin, ujarnya. (fadly syarif)      

Tahun 2012 Jamaah Haji Selayar Diterbangkan Langsung dari Bandar Udara H. Aroeppala


Bila tidak aral melintang, pada penerbangan Jamaah Haji Kuota tahun 2012 mendatang, Bandar Udara H. Aroeppala, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan siap melakukan pengangkutan dan penerbangan langsung terhadap 120 orang Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar menuju Asrama haji Sudiang melalui Bandar Udara Internasional Hasanuddin Makassar.
Bila hal ini dapat diwujudkan, maka Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan satu-satunya kabupaten/kota pertama di Sulawesi-Selatan yang melakukan penerbangan langsung Jamaah haji menuju Asrama Haji Sudiang, sebelum diterbangkan ke tanah suci.
Hal ini diharapkan  akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi calon Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2012 mendatang. Kepala Bandar Udara H. Aroeppala, Agus  Sugeng Widodo mengungkapkan, “persembahan ini, merupakan wujud kecintaan perusahaan Express Air dan jajaran Bandar Udara H. Aroeppala kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar”.
Dia berharap, layanan ini akan mampu menambah kekhusyuan Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar di dalam beribadah dan memanjatkan do’a untuk kemakmuran tanah doang, pinta Agus dihadapan tamu undangan pada rangkaian peresmian penerbangan pesawat Express Air hari Sabtu, (28/1) 2012 pagi. (fadly syarif)  

Sepenggal Catatan Dilema Pengembangan Bandar Udara H. Aroeppala


Ditinjau dari sudut pandang kepentingan udara, ketersediaan lahan seluas 80 hektar untuk pengembangan kawasan Bandar Udara H. Aroeppala dinilai sudah lebih dari cukup. Tinggal ada beberapa hal penting yang perlu mendapat skala prioritas pembenahan untuk memudahkan pengembangan kawasan Bandar udara.
Salah satunya adalah,  jalan poros Padang yang melintasi kawasan Bandar Udara H. Aroeppala. Dalam kaitan itu, Kepala Bandar Udara Kepulauan Selayar, Agus Sugeng Widodo berharap, kiranya Pemprov Sulsel dan Pemkab Kepulauan Selayar dapat sesegera mungkin, melakukan upaya pemindahan lokasi jalan dimaksud.
Selain keberadaan jalan poros Padang, Agus juga sempat menyinggung status sungai Balang Pattung sebagai salah satu faktor yang dikhawatirkan akan menjadi penghambat berlangsungnya pengembangan kawasan Bandar udara H. Aroeppala
Oleh karenanya, Agus meminta adanya perhatian serius Pemprov Sulsel bersama jajaran Pemkab Kepulauan Selayar untuk memikirkan upaya reklmasi dan realokasi sungai Balang Pattung, agar dapat langsung ditembuskan ke laut.
Hal ini dinilai penting mendapat skala prioritas untuk menghindari sungai Balang Pattung berputar di sekitar lahan Bandar udara H. Aroeppala dan akan menjadi faktor pemicu terkendalanya rencana penambahan panjang landasan pacu menjadi 3000 meter.
Agus juga berharap, kiranya Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dapat segera memikirkan upaya  penambahan lahan tanah seluas 20 hektar untuk pemindahan terminal penumpang dan cargo.
Sebab bukan sebuah hal yang mustahil, Bandar Udara H. Aroeppala akan berkembang sejajar, setara dengan Bandar udara berskala Provinsi di tanah air Indonesia.
Terlebih lagi,  data frekuensi jumlah penumpang yang dimiliki pihak Bandar Udara H. Aroeppala dari hari ke hari, semakin memperlihatkan peningkatan dan kemajuan luar biasa.
Fakta ini kata Agus, merupakan sebuah capaian prestasi dan loncatat luar biasa untuk kategori Bandar udara yang baru dalam tahap pengembangan, sepertihalnya Bandar Udara H. Aroeppala, tandas Agus menambahkan. (fadly syarif)       

Sulap Bandar Udara H. Aroeppala Jadi Bandara Alternatif Di Sulsel


Letak geografis Bandar udara H. Aroeppala Padang, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang bahagian ujung utara dan selatannya dikelilingi oleh hamparan laut luas, persis sama dengan Bandar Udara Ngurah Raih Bali, memungkinkan, Bandar Udara H. Aroeppala untuk disulap sebagai Bandar udara alternatif  pengganti, dari Bandar Udara Internasional Hasanuddin, Makassar.
Sehingga  pada saat cuaca buruk melanda langit Sulawesi-Selatan, Bandar udara lain di seluruh pelosok Sulawesi akan ditinggalkan oleh para penerbang untuk selanjutnya mereka akan mendarat di Bandar Udara H. Aroeppala Kabupaten Kepulauan Selayar.
Kondisi ini didasarkan pada pertimbangan, bahwa Bandar udara H. Aroeppala tak sedikitpun terhalang  (off staikel, red). Sehingga pada saat cuaca buruk melanda, para penerbang tidak lagi perlu berputar ke Bali ataupun ke Balik Papan untuk melakukan penghematan BBM dalam jumlah besar.
Pasalnya, Bandar udara H. Aroeppala jauh lebih memadai untuk didarati dengan jarak tempuh yang hanya berkisar antara sepuluh sampai lima belas menit penerbangan, cetus Kepala Bandar Udara H. Aroeppala Kabupaten Kepulauan Selayar, Agus  Sugeng Widodo, saat menyampaikan laporan dihadapan Wakil Gubernur Sulsel. H. Agus Arifin Nu’mang hari Sabtu, (28/1) pagi. (fadly syarif)


Bandar Udara H. Aroeppala Kep. Selayar Didarati Pesawat Komersil


Tiga loncatan sekaligus kembali diukir Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dalam rangka membebaskan daerah penghasil jeruk manis tersebut dari keterisoliran dan keterisolasian perhubungan udara.
Hal tersebut dituangkan pemerintah kabupaten melalui rangkaian kunjungan kerja kedinasan bersama Kepala Bandar Udara H. Aroeppala ke Jakarta untuk melakukan upaya lobi dengan pihak perusahaan Express Air terkait rencana penambahan penerbangan route Selayar-Makassar-Surabaya- Yogyakarta-Jakarta dan Provinsi Bima (PP).
Selanjutnya, pada tanggal (2/8), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar langsung melakukan penandatanganan kontrak kerjasama (MOu) penerbangan dengan perusahaan Express Air yang penyelesaian administrasinya dilakukan pada (4/8) 2011 lalu, bertempat di rumah kediaman pribadi, Drs. H. Syahrir Wahab, MM di Jl. Maccini Raya, Makassar.
Usai menandatangani kontrak kerjasama,  pada tanggal (6/8), pihak perusahaan Express Air langsung melakukan uji coba penerbangan perdana menuju Bandar Udara H. Aroeppala, Kabupaten Kepulauan Selayar, disaksikan langsung Wakil Gubernur Sulsel, H. Agus Arifin Nu’mang.
Pada saat bersamaan, tidak satupun, Bandar udara di Sulawesi-Selatan yang didarati pesawat Express Air, kecuali Bandar Udara Internasional Hasanuddin Makassar, disusul, Bandar Udara H. Aroeppala.
Bahkan, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan daerah yang kali pertama memulai penerbangan komersial pada tanggal, (22/8) 2011 dan meninggalkan status awalnya sebagai Bandar udara perintis.
Sungguh, sebuah prestasi spektakuler,  plus loncatan terdepan dan tercepat yang patut diberikan acungan jempol, cetus Kepala Bandar Udara H. Aroeppala Kabupaten Kepulauan Selayar, Agus Sugeng Widodo disela-sela sambutannya pada rangkaian acara peresmian penerbangan pesawat Express Air, hari Sabtu, (28/1) 2012 pagi.  
Dikatakannya, bukanlah sebuah hal yang berlebihan, jika pada pelaksanaan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan beberapa waktu lalu, Kabupaten Kepulauan Selayar sempat diwacanakan sebagai daerah tujuan study banding bagi kabupaten/kota lain di Sulawesi-Selatan.
Dimana study banding ini sendiri dimaksudkan, agar kabupaten/kota lain mampu mempelajari dan melihat secara langsung proses komunikasi antara pihak Bandar udara H. Aroeppala dengan aparat pemerintah daerah, terkhusus dalam merangkai mimpi-mimpi indah, menuju terwujudnya Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai sebuah kota masa depan yang jauh lebih maju.(fadly syarif)

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel