Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Minggu, 18 Maret 2012

Ratusan Unit Rumah Di Kabupaten Kepulauan Selayar Rusak Parah Diterjang Angin Puting Beliung


Kerusakan akibat bencana alam gelombang pasang dan angin puting beliung yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar dalam beberapa pekan terakhir, terus mengalami pertambahan. Di Dusun Appabatu, Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, pertambahan kerusakan dua unit rumah warga masing-masing atas nama  Pako (80 thn) dan Amir (60 thn) menggenapkan jumlah kerusakan rumah di wilayah itu menjadi empat unit. 
Keempat unit rumah tersebut rusak, setelah diterjang badai angin puting beliung. Selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga sempat mengakibatkan rusaknya bagian jendela samping Masjid Appabatu, termasuk diantaranya kaca jendela. bagian belakang yang pecah, akibat terpaan angin topan.  
Sementara itu, badai gelombang pasang yang rutin melanda wilayah Dusun Appabatu dan sekitarnya, kembali mengakibatkan retaknya bangunan tanggul yang berada di belakang Masjid. Selain itu, hempasan gelombang pasang juga ikut mengakibatkan terseretnya tumpukan karung-karung pasir yang baru beberapa hari dipasang sebagai tanggul pemecah ombak darurat di kawasan setempat.
Beberapa diantaranya, bahkan mulai sobek diterjang gelombang pasang. Kendati tidak ada korban jiwa dalam insident kerusakan ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.     
Informasi kerusakan lain juga diterima dari Kecamatan Pasimasunggu dan Kecamatan Pasimarannu. Di wilayah Kecamatan Pasimarannu, angin topan dilaporkan meluluh lantakkan sedikitnya 50 unit rumah di Desa Lambego.
Laporan senada disampaikan Camat Bontosikuyu, Drs. Suardi yang secara resmi telah menyampaikan laporan ke Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar menyusul terjadinya kerusakan ratusan unit rumah di wilayahnya.
Di Desa Tambolongan, 36 unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Disusuul, kerusakan 37 unit rumah di Desa Appatanah. Kerusakan terparah kata Suardi terjadi di Desa Polassi yang jumlah kerusakannya mencapai 38 unit rumah.
Terkait musibah angin puting beliung yang melanda wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar dan sekitarnya, aliansi mahasiswa kepulauan telah membentuk posko peduli dan mengumpulkan dana sebesar empat juta rupiah yang selanjutnya akan disalurkan kepada para korban bencana di wilayah Kecamatan Pasimasunggu dan Pasimarannu. (*)

Tidak ada komentar:

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel