Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Kamis, 15 Desember 2011

Semangat Kebersamaan & Kekompakan Awali Pembangunan Desa Sambali

Pemekaran Desa Sambali, yang sebelumnya masih merupakan wilayah Desa Bonea, menjadi bukti nyata,  besarnya semangat kebersamaan, dan kekompakan masyarakat setempat, termasuk, pada kegiatan pembangunan.
Semangat kebersamaan ini, telah dipupuk masyarakat Desa Sambali sejak ratusan tahun silam. Dimana hal tersebut, telah direfleksikan secara nyata oleh masyarakat pada kegiatan pembangunan Dermaga Sambali, sepanjang kurang lebih 70 meter, yang pekerjaannya, dilakukan melalui swadaya murni masyarakat pada tahun 2000 lalu.
Dapat dibayangkan, seandainya proyek ini dibangun dari pos anggaran APBD, nilainya sudah pasti, mencapai Milyaran rupiah.
Semangat gotong royong ini, kembali diaplikasikan masyarakat Desa Sambali pada pelaksanaan perintisan jalan tani, ruas Sambali Barat menuju Dati, sepanjang kurang lebih 500 meter, dengan lebar 2,5 meter, yang pelaksanaannya lagi-lagi dikerjakan melalui swadaya murni masyarakat.
Berangkat modal kebersamaan, dan kekompakan tersebut,  tepatnya di era tahun 2008 lalu, Desa Sambali, berhasil mewakili Kecamatan Pasimarannu sebagai basis binaan lembaga PNPM peringkat pertama, untuk tingkat Kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi-Selatan.
Hal tersebut dibuktikan masyarakat Desa Sambali melalui keberhasilannya dalam menuntaskan proyek perintisan jalan tani yang menghubungkan Dusun Sambali Timur  dengan Pantai Larabu, sepanjang kurang lebih 5 km.
Keberhasilan yang sama kembali diukir masyarakat Desa Sambali, pada penuntasan kegiatan perintisan jalan, ruas Sambali Timur, menuju Pantai Lea-Lea, di Dusun Sambali Barat, sepanjang kurang lebih 5 km.
Meski pada saat bersamaan, tak sepeser rupiah pun anggaran pekerjaan yang bisa dicairkan dari lembaga PNPM kabupaten. Pada saat bersamaan, Desa Sambali kembali mendapat kehormatan mewakili Provinsi Sulawesi-Selatan sebagai penggiat program PNPM terbaik, urutan ketiga di Indonesia.
Hal tersebut diungkapkan perangkat Desa Sambali, Jumadin kepada wartawan hari Kamis, (15/12) pagi. (fadly syarif)   

Penemuan Longsoran Proyek Drainase Warnai Peringatan Hari Anti Korupsi Se Dunia (1)

Peringatan hari anti korupsi se dunia di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan diwarnai dengan penemuan sejumlah titik longsoran proyek drainase yang tersebar di beberapa ruas jalan, di dalam areal kota Benteng Selayar.
Longsoran  proyek drainase sepanjang kurang lebih 400 meter-an ini ditemukan hari Jum’at, (9/12), sekira pukul 16.30 WITA. Dari hasil analisa sementara di lapangan disimpulkan longsoran proyek ini diduga kuat, terjadi akibat tingginya curah hujan yang dalam beberapa pekan terakhir, rutin melanda kabupaten di penghujung paling selatan provinsi Sulawesi-Selatan tersebut.
Terkait dengan peristiwa ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Ir. H. Arfan, enggan berkomentar banyak menyikapi, penemuan sejumlah lokasi longsoran proyek drainase yang tersebar di beberapa ruas jalan, di dalam kawasan kota Benteng Selayar. 
Untuk menentukan penyebab pasti longsornya proyek ini, pihak dinas pekerjaan umum Kabupaten Kepulauan Selayar akan melakukan survey langsung ke TKP dan menganalisa kronologis awal terjadinya longsor. 
Pasalnya, persoalan seperti ini tidak bisa direka-reka, kilah Arfan saat dimintai konfirmasi oleh wartawan hari, Selasa, (13/12) siang, bertempat, di ruang tunggu Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar.
Menurutnya, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar akan secepatnya melakukan inventarisir terhadap proyek-proyek drainase yang membutuhkan pembenahan segera.
Pihaknya, bahkan telah merancang design terbaik yang akan digunakan dalam kegiatan pembenahan proyek drainase dimaksud, kuncinya. (fadly)

    

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel