Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Kamis, 01 Desember 2011

Semoga Sail Takabonerate 2012 Dapat Membangkitkan Sektor Pariwisata

Demikian harapan anggota Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi-Selatan dari Fraksi Partai Golkar, DR. (HC). H. Ince Langke IA, MM. Pub. Dia  berharap banyak, semoga Sail Takabonerate tahun 2012 mendatang dapat benar-benar terwujud sebagaimana harapan semua pihak.
Dengan demikian, Sail Takabonerate diharapkan menjadi pemicu sektor pariwisata sebagai salah satu lokomotif perekenonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.
Dalam kaitan itu, support dan perhatian dari semua stekholder terkait tentu sangatlah  dibutuhkan, terutama pada tataran pembenahan, penyempurnaan, dan peningkatan infrastruktur dasar penunjang bangkitnya sektor kepariwisataan daerah.
Semisal, sarana perhubungan & telekomunikasi, termasuk aksesibilitas dari dan menuju Takabonerate, serta pemantapan fasilitas akomodasi, air bersih, listrik dan penginapan layak huni bagi para pengunjung.
Dan satu hal yang tak kalah pentingnya adalah edukasi, penyiapan masyarakat untuk menjadi masyarakat pariwisata yang seutuhnya, tandas mantan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar ini, sembari berucap, Sucses Sail Takabonerate. (fadly)

Penemuan Dua Life Jacket Gegerkan Warga Nelayan Desa Majapahit

Bersamaan dengan mulai bertiupnya angin barat tahun 2011, masyarakat nelayan rumput laut di Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, kembali digegerkan dengan penemuan dua buah life jacket (pelampung baju, red) yang ditemukan terdampar di pesisir pantai Desa Majapahit pada hari, Selasa, (21/11) dua pekan kemarin.
Life jacket tersebut masing-masing berwarna orange dan merah. Namun karena kondisinya yang sudah sobek, life jacket berwarna orange langsung dibuang kembali ke laut.
Sedangkan, life jacket berwarna merah tetap diamankan Anjeng (76 tahun) warga masyarakat yang pertama kali menemukan life jacket tersebut. Awalnya Anjeng berpikir, untuk menggunakan life jacket temuannya untuk turun melaut.
Terlebih lagi, keadaan life jacket yang ditemukannya memang tergolong masih cukup layak pakai. Anjeng baru berubah pikiran, saat memperhatikan terdapat tulisan spidol berwarna hitam di balik life jacket yang menunjukkan identitas kapal.
Pada saat bersamaan, Anjeng langsung menghubungi nomor telefon selular salah satu wartawan media terbitan regional Sulsel kenalannya dan menginformasikan perihal barang temuannya itu.
Mendengar informasi yang disampaikan Anjeng via telefon selular, sang wartawanpun langsung meluncur ke lokasi penemuan life jacket untuk melakukan secara langsung terhadap identitas yang tercantum di bagian belakang life jacket dimaksud.
Dari hasil pengamatan di lapangan berhasil ditemukan bukti petunjuk berupa tulisan spidol snowman berwarna hitam bertuliskan : KE 5 P/F KM. 201 SUPT. ROOM. (fadly)
    

Mantan Anggota DPRD Fraksi Partai Golkar Berpulang Ke Rahmatullah

Belum lagi kering air mata duka yang menetes di lingkungan DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, atas  berpulangnya ke rahmatullah Kepala Bagian Hukum Sekretariat DPRD setempat, Andi Rusbandi, Pas.
Pekan ini, tepatnya hari Rabu, (30/11), sekira pukul, 16.30 WITA, linangan air mata harus kembali tumpah di kalangan keluarga besar DPRD menyusul berpulangnya ke rahmatullah, Drs. H. Abd. Rahman Masyariki (70 tahun).
Semasa hidupnya, mantan anggota DPRD dua periode dari Fraksi Partai Golkar ini dikenal cukup kritis dalam beberapa kali menyampaikan pandangan terhadap naskah perubahan anggaran yang disodorkan lembaga eksekutif melalui Sidang Paripurna DPRD.
Almarhum menghembuskan nafas terakhir dalam status sebagai pasien rawat jalan karena di duga mengidap penyakit ferforasi lambung atau yang dalam bahasa medisnya lebih kerap diistilahkan dengan gastritis.
Sosok Rahman Masyariki, pergi dengan meninggalkan satu orang istri, satu orang puteri, dan dua orang cucu. Sebelum diantarkan ke tempat pembaringan terakhirnya, di pemakaman keluarga yang terletak di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, jenazah almarhum terlebih dahulu disemayamkan di rumah duka di Jl. Raden Ajeng Kartini No. 35 Benteng Selayar.
Kalangan insan pers lokal Kepulauan Selayar mencatat, almarhum, adalah  mantan anggota DPRD Selayar ketiga yang telah berpulang ke pangkuan haribaan untuk selama-lamanya.
Setelah beberapa waktu sebelumnya, Opu Andi Nomang dan Irwan Umar, SH telah lebih awal berpulang ke pangkuan Sang Khalik. (fadly)    

“Sumur Pangaru” Inspirasi Awal Lahirnya Tradisi Pangaru di Desa Sambali

“Sumur Pangaru”, terletak di Dusun Sambali Barat, Desa Sambali, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan. Sebuah bangunan sumur tua, berusia sekira ratusan tahun yang mengilhami lahirnya budaya Pangaru di wilayah Desa Sambali.
Sumur berkedalaman sekira 12 depah ini, merupakan refleksi nyata dari besarnya semangat gotong royong masyarakat Pulau Bonerate secara umum, dan masyarakat Desa Sambali pada khususnya, untuk dapat memperoleh sumber mata air dengan cara melakukan penggalian secara berpindah-pindah.
Setelah sumur pertama yang digali terasa asin, masyarakat kembali melakukan penggalian kedua di lokasi yang sama, dengan jarak sekira 5 meter dari tempat penggalian sumur pertama yang kini telah kembali diratakan dengan tanah oleh masyarakat.
Setelah berhasil mendapatkan sumber mata air yang diimpikan, secara spontanitas masyarakat langsung menghujamkan parang, keris, dan beraneka benda tajam lain, ke tubuhnya masing-masing, sebagai wujud rasa kesyukuran masyarakat Sambali kepada Sang Pencipta alam semesta.
Ritual ini kemudian dilestarikan masyarakat dalam bentuk atraksi Pangaru yang peringatannya digelar pada setiap tahun. Menurut tokoh masyarakat bernama Rajiu (56 tahun), masyarakat Sambali sangat bersyukur.
Pasalnya, sampai sekarang, sumur dengan ketinggian mata air 1 meter 25 ini tak kunjung kering, meski musim kemarau panjang melanda. Bahkan, ketinggian airnya saat ini telah mencapai pusar orang dewasa.
            Sebagai bentuk apresiasi lembaga PPK atas perjuangan panjang masyarakat untuk memperoleh sumber mata air bersih di tengah perkampungan yang didominasi bebatuan.
Pada fase tahun 2003, lembaga PPK mencoba menggelontorkan anggaran biaya pembangunan sumur permanen dan pembangunan fasilitas bak penampungan air bersih yang jaraknya tidak berjauhan dengan lokasi bangunan “Sumur Pangaru” di Desa Sambali.
            Sumur Pangaru yang bentuk awalnya hanya sumur batu tanpa dinding, kini telah berubah wujud menjadi sumur permanen berbalut semen dengan dukungan kamar mandi umum dan keberadaan dua unit bak penampungan air berbahan baku fiber di sekitarnya.
Kendati untuk memperoleh air dari Sumur Pangaru, masyarakat masih harus bekerja keras mendorong gerobak kayu bermuatan jerigen plastik, dan ataupun menjujung ember berisi air di kepala untuk bisa menutupi kebutuhan air sehari-hari di dalam rumah.
Terkait keresahan masyarakat ini, Camat Pasimarannu, Andi Abdur Rahman sangat mengharapkan kontribusi lembaga PNPM Kecamatan Pasimarannu untuk dapat menjadikan program pipanisasi air bersih di Desa Sambali sebagai program skala prioritas di tahun anggaran 2012 mendatang.
 Lebih Rahman berharap, para pelaku PNPM di wilayah pemerintahannya dapat turut berperan serta dalam menyukseskan program penyaluran air bersih ke pemukiman warga masyarakat di Desa Sambali, melalui pemanfaatan mesin pompa air di “Sumur Pangaru” yang selanjutnya akan dialirkan ke masing-masing pemukiman warga.
Menurut Mantan Ketua DPP Gempita Selayar Periode 1992-1996 ini, kontribusi lembaga PNPM menjadi satu-satunya tumpuan harapan Pemerintah Kecamatan Pasimarannu untuk bisa merefleksikan program skala prioritas pemerintah, terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan vital masyarakat akan air bersih.
Pasalnya, dana APBD kabupaten dipastikan tidak akan mampu menutupi besaran kebutuhan dana penyelenggaraan program pipanisasi di Desa Sambali, pungkasnya mengakhiri perbincangan singkat dengan wartawan via telefon selular, hari, Kamis, (1/12) pagi. (fadly) 
     
             

  
    

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel