Menatap Pesona Sunset Bumi Tanadoang

Menatap Pesona Sunset  Bumi Tanadoang

Follow by Email

Senin, 28 November 2011

Blogger AM Snorkeling di Taka Bonerate

Setelah menempuh perjalanan sekira 8 jam dari Kota Benteng, tepat pukul 22.00 WITA, 9 anggota Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar pun berhasil menapakkan kaki di dermaga Pulau Jinato.
Di pulau inilah Genderang "Taka Bonerate Islands Expedition (TIE III)  ditabuh" oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pada hari Senin, 21 November 2011.
TIE merupakan agenda tahunan Pemprov Sulsel dan Pemkab Kepulauan Selayar untuk mengangkat keindahan kawasan terumbu karang eksotik dan kawasan atol ketiga terbesar dunia yang terdapat di Takabonerate.
162 rombongan yang ikut dalam trip pertama ini kemudian menikmati makan malam di rumah Kades Jinato, sebelum kami diantar ke rumah Asfar, yang akan menjadi "home stay" peserta dari AM.
Suasana pulau yang didominasi warga turunan Bugis asal Sinjai ini terlihat begitu meriah. Warga bersukacita. Di pulau ini, jalan telah berlapis semen, pantai yang dulunya mudah terkikis air laut kini telah dipasangi tanggul, dermaga pun sudah ada.
Sebagai pekerja LSM konservasi kelautan yang pada tahun 1996 pernah bertugas di pulau Jinato, saya sangat merasakan situasi yang begitu berbeda. Bahkan, keesokan harinya kami langsung menjejal terumbu karang di bagian barat Pulau Tinabo Besar untuk snorkeling.
Pulau yang kini dikelola oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate ini menawarkan keindahan karang dan ikan hias. Nursamsu, karyawan BPD Unit Syariah Maros, bahkan mencoba "dive intro" dipandu instruktur selam PADI Nazrun Jamil di sana. Rela merogoh koceknya demi pengalaman pertama menyelam di Taka Bonerate.
"Saya terkesan sekali, serasa ingin lama dalam air" kata Suwardi Daeng Mappe, blogger lainnya yang baru kali ini melihat pesona Taka Bonerate dengan snorkeling.(*)

Tidak ada komentar:

TOP RELEASE

Gaul Cell Selayar

Gaul Cell Selayar
Jual Beragam Jenis Telefon Selular & Melayani Service Kerusakan Ponsel